Penyebab Keputihan


Penyebab keputihan bisa dikategorikan menjadi beberapa faktor,diantaranya Faktor kebersihan yang kurang baik. Kebersihan di darerah vagina seharusnya terjaga dengan baik. Jika, disekitar vagina tidak dijaga kebersihannya akan menimbulkan bermacam macam penyakit diantaranya ya keputihan. Hal ini mengakibatkan kelembaban vagina mengalami peningkatan dan hal ini menjadi penyebab infeksi berupa bakteri patogen dan akan sangat mudah untuk menyebarnya.

Stress juga bisa menjadi penyebab keputihan karena seluruh organ tubuh kinerjanya di pengaruhi dan juga dikontrol oleh otak, maka pada saat reseptor otak mengalami kondisi stress hal ini bisa menimbulkan terjadinya perubahan dan keseimbangan hormon -hormon dalam tubuh dan hal ini dapat mengakibatkan terjadinya keputihan.

Penyebab keputihan juga diantaranya Penggunaan obat-obatan. Penggunaan obat antibitok dalam jangka waktu yang lama bisa mempengaruhi sistem imunitas pada tubuh wanita, dan obat antibiotik biasanya dapat menjadikan timbulnya keputihan. Sedangkan gangguan keseimbangan hormonal dapat juga dikarenakan oleh penggunaan KB

Jamur, parasit, bakteri dan virus bisa juga menjadi penyebab keputihan

Jamur Monilia atau Candidas. Bercirikan memiliki warna putih seperti susu, cairannya sangat kentar, sangat berbau tidak seda dan menimbulkan rasa gatal pada sekitar daerah vagina. Hal ini dapat menyebabkan vagina mengalami radang dan kemerahan. Biasanya hal ini juga dipicu oleh adanya penyakit kencing manis, penggunaan pil KB, serta tubuh yang memiliki daya tahan rendah.

Parasit Trichomonas Vaginalis

Terjadi dan ditularkan melalui hubungan seks, bibir kloset atau oleh perlengkapan mandi. Memiliki ciri, cairan yang keluar sangat kental, memiliki warna kuning atau hijau, berbuih dan berbau anyir. Keputihan akibat parasit tidak menimbulkan gatal, tapi jika ditekan vagina akan terasa sakit.

Bakteri Gardnella

Iinfeksi bakteri juga bisa menjadi penyebab keputihan, Infeksi ini memiliki ciri berwarna keabuan, sedikit encer, memiliki bau ami dan berbuih. Keputihan jenis ini dapat menimbulkan rasa gatal yang sangat menggangu.

Virus

Penyebab Keputihan ini akibat dari penyakit kelamin, seerti HIV/AIDS, herpes dan conyloma. Timbulnya kutil-kutil yang banyak dan diikuti oleh cairan berbau menandakan adanya virus condyloma. Biasanya ibu hamil sering terjangkit oleh virus ini. VIrus yang dapat ditularkan oleh hubungan seks yaitu virus herpes. Cirinya adanya luka yang melepuh di sekitar lubang vagina, terasa panas dan menimbulkan rasa gatal. Kanker mulut rahim yang sangat berbahaya bagi kaum wanita dapat di picu oleh keputihan yang disebabkan oleh keputihan akibat virus.

0 komentar:

Posting Komentar